Sistem dan Sistem Ekonomi


A.    PENGERTIAN SISTEM
System adalah kesatuan yang utuh dari sesuatu rangkaian yang mengaitkan satu sama lain, bagian atau anak cabang dari suatu system menjadi induk system dari rangkaian selanjutnya, begitulah seterusnya sampai pada bagian yang terkecil, rusaknya salah satu bagian akan menganggu kestabilan sistem itu sendiri. 


Contohnya system pemerintahan, dan anak cabangnya adalah system pemerintahan daerah, kemudian seterusnya system desa atau kelurahan. 
B.     PENGERTIAN SISTEM EKONOMI
System ekonomi merupakan suatu tata cara untuk mengoordinir prilaku masyarakat (konsumen, produsen, pemerintah, instansi atau perusahaan dan lain sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, investasi, menabung, distribusi dan lain sebagainya) sehingga terbentuk suatu satu kesatuan yang teratur sehingga jika terjadi suatu permasalahan di bidang ekonomi dapat di atasi.


1.      Sangat penting sekali adanya sistem perekonomian ini karena sistem tersebut merupakan strategi suatu negara untuk mengatur kehidupan ekonominya dalam rangka mencapai kesejahteraan dan kemakmuran suatu negara tersebut.. Selain itu kegiatan ekonomi juga berpengaruh pada aktivitas aktivitas menjalanlan suatu kegiatan perekonomian, misalnya seperti kegiatan produksi, konsumsi, distribusi,dan investasi, harus benar-benar dijalankan dan disesuaikan dengan fungsi masing-masing kegiatan yang dilaksanakan. Dan karena sistem perekonomian ini juga merupakan sistem yang akan mengatur tugas pemerintah maupun rakyat dalam mengatur distribusi pasar pemerintah yang mengawasi sedangkan rakyat yang menjadi pelaku atau yang melakukan sistem ekonomi . jadi jelas sangat penting. tanpa adanya sistem ekonomi pemerintahaan yang akan di selenggarakan tidak akan berjalan sesuai dengan rencana atau bahkan tak akan terselenggara suatu tujuan dalam negara tersebut. 

2.      Antara sistem politik dengan sistem ekonomi memiliki hubungan bagaikan dua sisi mata uang. Bahwasannya antara sistem politik dengan sistem ekonomi memiliki keterkaitan satu sama lain. Pengertian sistem politik itu sendiri adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam proses pembuatan dan pengambilan kebijakan yang mengikat tentang kebaikan bersama antara masyarakat yang berada dalam suatu wilayah tertentu. Pengambilan kebijakan dilakukan di berbagai aspek termasuk aspek ekonomi. Pengambilan kebijakan yang tergesa - gesa tanpa adanya pertimbangan serta analisis yang baik akan mengakibatkan keadaan tidak diharapkan. Serta, keadaan politik yang tidak baik akan memberikan efek terhadap keadaan ekonomi. Para investor akan mempertimbangkan lagi untuk menanamkan modalnya di Indonesia, tidak hanya itu kemampuan daya beli masyarakat juga di lihat saat keadaan politik tidak stabil sehingga menggangu pendapatan nasional. Kita bisa ambil contoh saat kejadian reformasi, saat itu sistem politik yang tidak stabil mengakibatkan krisis ekonomi moneter. 











Daftar Pustaka

Habiya. (2017. September 13) sitem politik. Retrieved


Chandra, ardhi ardan. (2016. Maret 30). Ekonomi dan politik

bagai    dua sisi mata uang. Retrieved from: finance.detik.com:https://finance.detik.com/moneter/d-3175688/boediono-ekonomi-dan-politik-bagai-dua-sisi-mata-uang

Aktual. (2014 oktober 17). Politik dan ekonomi bagai dua sisi mata uang.Retrievedfrom:www.aktual.com: https://www.aktual.com/politik-dan-ekonomi-bagai-dua-sisi-mata-uang/

KELOMPOK 2

·         MUSLIMAH

·         DETA PUSPITASARI

·         RANI PUSPITA SARI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadirnya Koperasi didalam Kehidupan Karyawan PT Bank Central Asia, Tbk

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Perdagangan dan Pemasaran Internasional